17 Januari 2009

Dagadu = Matamu... kok bisa..??

Kalau kamu berkunjung ke Jogja, khususnya di daerah malioboro, pasti kamu akan menjumpai banyak penjual kaos dagadu, meskipun kebanyakan adalah palsu, tetapi itu tidak jadi masalah bagi para pelancong, karena dagadu sudah menjadi ikon jogja, oleh-oleh khas dari jogja untuk sanak sodara di rumah.
jika bertemu dengan orang asli jogja, tanyakan apa arti dagadu, dia pasti akan menjawab matamu, lho..?? yup dagadu memang artinya "matamu". Kok bisa..? ya bisa dong sebenarnya istilah itu adalah bentuk enkripsi?? lho kok nyampe enkripsi segala, emang ini film davinci code..? hehehehe emang enkripsi, dulu pada jaman penjajahan, orang jawa, khususnya di jogja sangat diawasi oleh penjajah dalam setiap aktivitas sehari2nya, apalagi yang berbau perjuangan. untuk itulah para pejuang kita menggunakan sandi dalam bahasa mereka.

Sandi ini dibuat berdasarkan pada urutan aksara jawa.. yup honocoroko itu lho.. seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

baris pertama ditukar dengan baris ketiga, dan baris kedua ditukar dengan baris keempat. Di jogja gaya bahasa ini dikenal juga dengan bahasa walikan (walik=balik)
Para pejuang menukar urutan baris aksara itu untuk membingungkan pihak penjajah, sederhana sih, tapi tenyata cara ini bekerja dengan baik, dan masih sering digunakan sampai saat ini.
contoh : MATAMU - menggunakan aksara MA+TA+MA, menurut tabel enkripsi posisi MA digantikan oleh aksara DA, dan posisi TA digantikan oleh aksara GA, matamu menjadi dagadu, silakan mencoba untuk kata2 lain

oia di jogja terkenal istilah "dab", sebenarnya itu adalah enkripsi dari kata "mas" sapaan untuk pria. :)

untuk mempermudah pembelajaran, Silakan cocokkan dengan program enkripsi bahasa walikan berikut : klik disini




Bookmark and Share

5 komentar:

  1. oalaaah, ngono tho dab.

    BalasHapus
  2. syukran untuk informasinya..

    BalasHapus
  3. Wah, lebih rumit ya dari boso walikan khas Malang.

    BalasHapus
  4. wah jogja ki cen bocah-bocahe do pinter-pinter aja aja ada

    BalasHapus

monggo komentarnya di posting...

Toko Ramuan Maduraku